Tim Pemgendali Inflasi Daerah (TPID) DIY menyatakan siap menggelar operasi pasar murah guna menghadapi naiknya harga-harga bahan pokok makanan akhir-akhir ini. Operasi pasar murah tersebut dapat dilakukan pada komoditas bahan pangan yang mengalami lonjakan sangat signifikan dalam waktu cepat.“Awal tahun ini harga bahan-bahan makanan kebutuhan pokok naik cukup tinggi sehingga terjadi 'shock price' bagi pasar. Untuk mengerem kenaikan harga tersebut tentunya TPID akan melakukan upaya pengendalian dengan menggelar operasi pasar murah sewaktu-waktu," ungkap anggota TPID DIY, Rahmat Pratama di Yogyakarta, Jumat (01/02/2013).

Rahmat mengatakan dengan tingginya inflasi pada awal tahun 2013 yang mencapai 0,96 persen seiring terjadinya lonjakan harga bahan kebutuhan pokok yang juga dipicu musim penghujan dan menurunnya produktifitas serta kenaikan tarif dasar listrik dan UMR.

"Kita tidak bisa megendalikan harga karena itu sudah mekanisme pasar, tapi setidaknya TPID akan melakukan pengereman lonjakan harga barang-barang kebutuhan pokok dengan melakukan operas pasar murah selain beras, misalnya daging sapi, cabai dan lain-lain,"