JAKARTA (KRjogja.com) - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menegaskan pemerintah akan melakukan berbagai upaya menstabilkan harga daging dan kedelai yang mengalami lonjakan beberapa hari terakhir. "Kami segera melakukan stabilisasi harga daging dengan cara mempercepat suplai ke pasar pasar dam mempercepat feedlother yang ada dilakukan pemotongan.

Kementerian Pertanian juga melakukan pemantauan di rumah potong terutama jumlah sapi lokal dan impor yang dipotong di RPH itu," tegas Hatta di Jakarta, Senin (25/02/2013). Hatta mengatakan pemerintah akan melakukan lelang terbuka soal pengadaan sapi impor sehingga mendapatkan perusahaan yang kredibel. Hal ini diatur oleh Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus mengantisipasi kenaikan harganya.

Sementara untuk meredam gejolak harga kedelan, Hatta menuturkan akan menerbitkan Peraturan Presiden tentang penambahan tugas Bulog untuk melakukan fungsi stabilisasi kedelai. "Caranya, Menteri Perdagangan akan menetapkan patokan harga berdasarkan harga pasar. Kebijakan ini sekaligus untuk melindungi kepentingan petani termasuk perajin tahu dan tempe. Apabila gejolak harga, Bulog siap melakukan impor sehingga harga tetap   stabil." (Lmg)